Dalam upaya membantu masyarakat yang terdampak bencana, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menunjukkan kepeduliannya melalui program corporate shared value yang dikenal sebagai Bakti BCA. Baru-baru ini, program ini melakukan kunjungan langsung ke wilayah Sumatra untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan membangun fasilitas umum yang mendukung kebutuhan dasar warga yang terkena dampak.
Pada Rabu, 18 Desember, tim Bakti BCA melakukan peninjauan ke beberapa lokasi yang dilanda banjir di Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Kegiatan ini melibatkan penyerahan bantuan serta peresmian fasilitas air bersih dan MCK yang berpusat di Posko Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, untuk membantu masyarakat setempat.
Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, kepada perwakilan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta masyarakat yang menjadi korban banjir.
Komitmen BCA dalam Mendukung Pemulihan Masyarakat
Komitmen BCA untuk selalu hadir dalam proses pemulihan sosial dan ekonomi pascabencana sangat terlihat dalam setiap langkah yang diambil. Hera mengemukakan bahwa BCA berusaha untuk memberikan dukungan nyata kepada masyarakat yang mengalami kesulitan akibat bencana yang melanda.
Louis B. Hung, Kepala Divisi CSR BCA, menambahkan bahwa dalam situasi darurat seperti ini, penting bagi perusahaan untuk menunjukkan empati dan kemanusiaan. “Kami berharap bantuan kami dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat saat ini,” katanya.
Setelah sukses di Kabupaten Solok, program Bakti BCA direncanakan akan melanjutkan distribusi bantuan ke daerah lain yang juga mengalami bencana. Salah satu lokasi selanjutnya adalah Kabupaten Aceh Tamiang di Provinsi Aceh dan Kabupaten Tapanuli Selatan di Sumatra Utara.
Detail Bantuan yang Disalurkan oleh Bakti BCA
Tindakan Bakti BCA tidak hanya sekedar memberikan bantuan pokok, tetapi juga mencakup penyediaan fasilitas penting bagi masyarakat. Di ketiga daerah itu, total bantuan yang disalurkan meliputi beras, air mineral, biskuit, makanan siap saji, dan selimut.
Jumlah bantuan yang lengkap, antara lain, 520 kilogram beras, 3.000 botol air mineral, 1.200 bungkus biskuit, dan berbagai macam kebutuhan lain seperti obat-obatan dan multivitamin. Semua ini ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mendesak bagi korban bencana.
Bakti BCA juga mendukung pembangunan infrastruktur vital seperti sumur bor dan fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK). Ini adalah langkah penting dalam mencegah krisis kesehatan di daerah yang terpercik dengan banjir.
Kolaborasi dengan TNI untuk Efisiensi Penyaluran Bantuan
Kerjasama tanpa batas antara Bakti BCA dan TNI sangat krusial dalam proses penyaluran bantuan ini. Dengan menggunakan jaringan luas yang dimiliki TNI, bantuan dapat sampai ke tangan masyarakat yang membutuhkan dengan cepat dan tepat.
Keberadaan TNI di lapangan memberikan rasa aman dan kepercayaan bagi masyarakat serta memastikan bahwa setiap paket bantuan disalurkan dengan baik. Dalam pertemuan di lokasi bencana, gagasan kolaboratif ini ditindaklanjuti dengan komitmen dari kedua belah pihak.
Sejak awal Desember, Bakti BCA telah menyalurkan bantuan ke berbagai lokasi terdampak lainnya seperti Medan dan Langkat. Proses ini belum hanya sebatas pengiriman barang, tetapi juga penyampaian dukungan moral kepada masyarakat yang sedang berduka.




