Top
IC Consultant / Artikel  / Tata Cara Pindah KPP Pajak Perusahaan

Tata Cara Pindah KPP Pajak Perusahaan

Dalam kemudahan proses wajib pajak, baik wajib pajak perusahaan, penghasilan atau bangunan harus terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan domisili wajib pajak berada. Jadi misalnya, Anda berdomisili di Kebayoran Lama, maka KPP Anda juga harus berada di Kebayoran Lama.

Namun bagaimana kalau alamat perusahaan sudah tidak aktif di domisili tersebut? Maka perusahaan wajib yang namanya menggantinya dengan alamat yang baru sesuai dengan alamat NPWP yang tertera. Ada beberapa cara pindah KPP pajak perusahaan yang bisa dilakukan, seperti berikut ini.

Prosedur pindah KPP pajak perusahaan secara online

Cara Pindah KPP Pajak

Setidaknya cara pindah KPP pajak perusahaan bisa dilakukan dengan dua cara yang tertulis dan online. Untuk tata cara perpindahan secara online, bisa dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Pemohon yang akan melakukan perubahan data alamat NPWP perusahaan bisa mengisi formulir perubahan data wajib pajak pada halaman website DJP.
  2. Surat permohonan pada aplikasi e-registration tentang perpindahan domisili yang ada di website resmi DJP sudah ditandatangani dan memiliki kekuatan di mata hukum. Hal ini sesuai dengan ketentuan UU ITE.
  3. Apabila pengisian formulir pemindahan domisili pajak perusahaan sudah lengkap, Anda harus mengirimkan dokumen – dokumen yang disyaratkan pada KPP lama.
  4. Pengiriman bisa dilakukan dengan softcopy dari aplikasi e-registration di web DJP atau dikirimkan langsung bersamaan surat pengiriman dokumen yang telah ditandatangani.
  5. Apabila dalam dua minggu dokumen yang ditentukan oleh KPP lama belum diterima sejak permintaan permohonan secara elektronik, maka pemohon dianggap belum mengajukan.

Prosedur pengajuan pindah KPP pajak secara offline

Prosedur pengajuan pindah KPP pajak

Sedangkan untuk cara pindah KPP pajak perusahaan secara offline bisa datang langsung di kantor KPP lama untuk pengajuan permohonan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengajuan pada kantor KPP di domisili yang baru. Tata cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengisi formulir perubahan data wajib pajak yang kemudian diserahkan kepada loket pelayanan beserta foto copy KTP atau identitas diri.
  2. Mendapatkan surat pernyataan pindah domisili. Surat pernyataan pindah domisili dari KPP lama lalu diserahkan kepada KPP baru.
  3. Dari sini, Anda akan mendapatkan kartu NPWP dan SKT yang terbaru.
  4. Untuk masalah yang satu ini SKT kemungkinan besar tidak akan diberikan langsung. SKT akan dikirimkan kepada domisili terbaru atau wajib pajak harus datang sendiri ke KPP baru di lain waktu.

Tata cara di atas hanya berupa pengajuan permohonan ke KPP lama, sedangkan untuk pengajuan ke KPP baru, cara pindah KPP pajak perusahaan sebagai berikut ini.

  1. Mengisi formulir perubahan data yang kemudian diserahkan kepada loket pelayanan beserta foto copy KTP.
  2. Kemudian, Anad akan mendapatkan NPWP dan SKT terbaru.
  3. Sama halnya dengan KPP lama, SKT kemungkinan tidak akan didapatkan secara langsung.

Hal yang wajib diperhatikan

pindah kpp pajak

Tata cara pindah KPP pajak perusahaan ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh wajib pajak, seperti berikut ini,

  1. Saat akan berpindah domisili KPP, wajib pajak harus memberitahu KPP lama dan mengembalikan segala dokumen perpajakan, yakni SKT, NPWP, serta PKP lama kepada Kantor Pelayanan Pajak domisili lama.
  2. Baru kemudian ajukan surat permohonan dan dokumen yang telah disyaratkan kepada Kantor Pelayanan Pajak baru yang sesuai dengan domisili yang baru.
  3. Baru Anda bisa mengambil NPWP yang baru di Kantor Pelayanan Pajak yang baru.
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.