Top
IC Consultant / Artikel  / Mau Terbebas dari Permasalahan Pajak? Ikuti Tips Agar Terhindar dari Masalah Pajak

Mau Terbebas dari Permasalahan Pajak? Ikuti Tips Agar Terhindar dari Masalah Pajak

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap wajib pajak. Namun, tak sedikit yang tersangkut permasalahan pajak karena terlambat melapor SPT. Agar terhindar permasalahan tersebut, ikuti tips agar terhindar dari masalah pajak.

Kenapa Harus Lapor SPT?

Kenapa Harus Lapor SPT

Setiap wajib pajak wajib untuk melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) menurut ketentuan perundang-undangan. Fungsi SPT bagi wajib pajak sebenarnya sebagai sarana pelaporan dan pertanggungjawaban dari perhitungan jumlah pajak yang terutang. Jadi, meski wajib pajak sudah membayar pajak penghasilan setiap bulan, tetap wajib melaporkan SPT sebagai pelaporan apabila perusahaan atau wajib pajak pribadi menerima pendapatan dari sumber lain.

Akibat Keterlambatan Pelaporan SPT

Akibat Keterlambatan Pelaporan SPT

Jika wajib pajak terlambat atau sama sekali tak melaporkan SPT Tahunan maka bisa dikenai sanksi sesuai peraturan yang berlaku. sanksi tersebut bisa berupa denda senilai Rp. 100 ribu bagi wajib pajak pribadi dan Rp. 1 juta bagi wajib pajak badan usaha. Bahkan bila wajib pajak dengan sengaja lalai menyerahkan SPT Pajak atau memasukkan informasi palsu ke dalam formulir SPT Pajak bisa dijatuhi hukuman pidana maksimal 6 tahun dan minimal 6 bulan.

Tips Terhindar Dari Permasalahan Pajak

Tips Terhindar Dari Permasalahan Pajak

Bagi wajib pajak memikirkan pembayaran dan pelaporan pajak merupakan masalah penting yang harus dipikirkan. Agar terhindar dari permasalahan pajak atau denda terlambat melapor SPT, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

· Membayar Pajak Tepat Waktu

Setelah Anda terdaftar sebagai wajib pajak, Anda memiliki kewajiban untuk membayar dan melaporkan pajak setiap tahunnya. Kini pembayaran dan pelaporan pajak semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Bahkan sudah disediakan aplikasi maupun layanan email yang disediakan oleh Dirjen Pajak yang akan mengingatkan Anda setiap kali mendekati waktu pelaporan pajak. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda bisa mempersiapkan diri untuk melaporkan SPT dan tak takut terlupa atau terlambat melaporkan SPT.

· Jangan Sampai Melewati Tenggat Waktu

Dirjen Pajak biasanya akan mengingatkan Anda untuk membayar pajak dan melaporkan SPT sebelum tenggat waktu. Hal ini penting mengingat keterlambatan akan mengakibatkan Anda bisa dikenai denda atau sanksi hukum lainnya. Hindari pula mencoba menipu birokrasi bila memang benar-benar terlambat. Semua dokumen yang diperlukan harus Anda siapkan dan diserahkan ke jasa akuntan yang Anda percayai.

· Pilih Akuntan Lokal yang Memahami Birokrasi

Tips agar terhindar dari masalah pajak lainnya adalah memilih akuntan lokal yang memahami birokrasi dengan baik. Bila ingin lebih meyakinkan, tak ada salahnya mengundang pihak ketiga untuk menangani permasalahan pajak bisnis Anda. Dengan menggunakan jasa akuntan lokal yang paham sistem perpajakan Indonesia, Anda bisa mengurus pelaporan maupun pembayaran pajak tanpa hambatan.

· Cari Informasi Terbaru Undang-Undang Perpajakan

Sebagai wajib pajak, alangkah baiknya bila Anda selalu update berita terbaru perihal undang-undang pajak yang berlaku. Hal ini penting agar wajib pajak tak mengalami permasalahan terkait pelaporan maupun pembayaran pajak apabila terjadi perubahan pada undang-undang perpajakan. Anda bisa mencari informasi di internet, situs berita online maupun situs dirjen perpajakan.

· Membuat Pembukuan yang Rapi

Kemudahan dalam pembayaran dan pelaporan pajak bisa tercipta apabila Anda membuat pembukuan yang rapi. Ketika Anda memiliki pembukuan yang rapi, Anda bisa lebih siap mendekati jadwal pelaporan pajak. Dokumen yang lengkap juga membuat proses pelaporan jadi lebih cepat karena tak ada dokumen yang terlupa. Dengan melakukan tips agar terhindar dari masalah pajak di atas, Anda akan terhindar dari sanksi permasalahan pajak lainnya di masa depan karena keterlambatan pelaporan.

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.