Top
IC Consultant / Artikel  / Cara Mengurus Pajak Usaha Kecil

Cara Mengurus Pajak Usaha Kecil

Yang kita tahu selama ini yang dimaksud dengan usaha kecil adalah usaha dengan modal yang kecil. Karena modalnya kecil maka usaha yang dibangun pun tidaklah besar sehingga omset yang didapatkan hitungannya masih kecil.

Pengertian Dari Usaha Kecil

pajak usaha kecil

Arti dari usaha kecil adalah usaha yang memperkerjakan karyawan tidak lebih dari 50 orang. Pengkategorian dari usaha kecil sudah masuk ke dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 di mana di dalamnya disebutkan bahwa kekayaan bersih (tanah dan bangunan tidak diperhitungkan) yang dimiliki oleh usaha kecil maksimal sebanyak 200 juta rupiah.

Usaha kecil yang menjalankan usahanya di Indonesia pemiliknya haruslah merupakan WNI (Warga Negara Indonesia). merupakan badan usaha yang berdiri sendiri (bukan miliki orang lain). Usahanya bisa bermacam-macam bentuknya, bisa usaha perorangan, badan usaha, bisa juga koperasi.

Kepemilikan Dari Usaha Kecil

bisnis kecil kecilan

Di Indonesia usaha kecil pada umumnya dimiliki oleh perorangan. Usaha kecil atau bisnis dengan modal yang kecil biasanya lebih cocok ditujukan untuk perusahaan perorangan. Pemilik dari perusahaan perseorangannya adalah pengusaha perorangan.

Karena merupakan perusahaan perorangan maka usahanya dikelola sendiri oleh satu orang. Sumber modalnya hanya berasal dari satu orang. Satu orang inilah yang mengendalikan semuanya. Mengambil keputusan, menerima keuntungan secara penuh dan tidak lupa bertanggung jawab atas semua hutang dan kewajiban, termasuk mengurus serta membayar pajaknya.

Beberapa Pajak Yang Dibayarkan Untuk Usaha Kecil

Beberapa Pajak Yang Dibayarkan Untuk Usaha Kecil

Meskipun merupakan usaha kecil tetaplah harus konsisten dan konsekuen membayar pajak karena pajak merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik, yang turut serta membantu negara.

Untuk usaha kecil, ada beberapa pajak . dalam hal ini PPh (Pajak Penghasilan) yang harus dibayarkan, antara lain :

PPh Pasal 4 Ayat 2

lebih dikenal dengan nama PPh Final. Membayar pajak kalau ada transaksi seperti menyewa gedung untuk dijadikan kantor. Obyek lainnya dari PPh Final di antaranya adalah pajak atau obligasi dan pajak atas peredaran bruto atau omset yang didapatkan dalam setahunnya ada di bawah 4,8 miliar rupiah

PPh Pasal 21

membayar pajak kalau memperkerjakan karyawan

PPh Pasal 23

membayar pajak kalau terjadi transaksi seperti pembelian suatu jasa

Cara Mengurus Pajak Untuk Usaha Kecil

Cara Mengurus Pajak Untuk Usaha Kecil

Usaha kecil tetap diwajibkan membayar pajak. Cara mengurus pajak untuk usaha kecil bisa ditempuh dengan berbagai macam prosedur. Prosedur yang paling gampang dan paling cepat adalah dengan meminta bantuan kepada jasa konsultan pajak.

Semua permasalahan yang menyangkut pajak untuk usaha kecil, mulai dari membayar pajak untuk usaha kecilnya sampai dengan pajak karyawannya (jika memiliki karyawan) akan diurus dan dicarikan jalan keluarnya yang paling tepat oleh jasa konsultan pajak.

Beberapa Keuntungan Memakai Jasa Konsultan Pajak

Di samping bisa mengatasi segala masalah perpajakan perusahaan kecil kita dengan cara yang paling baik, ada beberapa keuntungan lainnya lagi jika mengurus pajak usaha kecil, dalam hal ini PPH Final dengan bantuan dari jasa konsultan pajak :

  • biaya layanannya masih bisa dijangkau
  • selalu melayani semua pelanggannya dengan ramah dan profesional
    bisa dipercaya
  • dapat bekerja dengan sistem solutif, maksudnya dapat memberikan solusi yang terbaik atas setiap masalah pajak yang dihadapi oleh perusahaan kita
  • didukung oleh tenaga kerja yang sangat berpengalaman di bidangnya, yang sudah terlatih, keahlian, pengetahuan dan pemahamannya di bidang perpajakan bisa diandalkan, tidak pertlu diragukan lagi.

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa konsultan pajak.

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.