Top
cara menghitung pajak hadiah mudah

Cara Menghitung Pajak Hadiah

Mendapatkan hadiah memang suatu keberkahan yang ada di dalam hidup. Namun, pada biasanya hadiah-hadiah yang di berikan tentu akan di kenakan pajak. Mungkin sebagian orang berpikir bagaimana cara menghitung pajak hadiah dan berapa potongan pajak tersebut? Hal-hal seperti ini tentu akan menjadi tanda tanya bukan? Nah, bagi Anda yang penasaran akan pertanyaan seperti maka Anda bisa melihatnya langsung seperti di bawah ini.

Berapa Persen Potongan Pajak Hadiah

Berapa Persen Potongan Pajak Hadiah

Sebelum membahas mengenai cara menghitung pajak hadiah maka Anda bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai berapa persen potongan pajak berhadiah tersebut. Seperti yang Anda lihat bahwa saat ini ada banyak sekali undian berhadiah yang ditawarkan kepada Anda baik itu uang, barang ataupun benda yang lainnya. Namun, untuk mendapatkan hadiah ini tentu Anda juga harus membayar pajak bukan? Nah, biasanya untuk potongan pajak berhadiah yaitu sekitar 25% dari nilai berhadiah yang Anda dapatkan baik itu uang ataupun barang lainnya. Jadi, apabila nantinya Anda mendapatkan hadiah berupa barang maka nilai barang tersebut akan ditentukan dari harga pasar yang telah tertera.

Cara Menghitung Pajak Apabila Mendapatkan Hadiah Uang Tunai

Cara Menghitung Pajak Apabila Mendapatkan Hadiah Uang Tunai

Nah, pada sebelumnya Anda sudah melihat bukan, berapa persen potongan pajak tersebut. Jadi, untuk melengkapi informasi terkait ini, maka Anda bisa melihatnya juga mengenai cara menghitung pajak berhadiah khususnya untuk Anda yang mendapatkan uang tunai. Sebagai contoh apabila Anda mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 2 juta rupiah dan pihak penyelenggara menyebutkan pajak ditanggung pemenang maka Anda nantinya wajib akan membayar pajak yaitu sebesar 25% dari hadiah yang Anda dapatkan.

Jadi, nantinya Anda akan membayar 25% x 2.000.000 = Rp. 500.000 kepada negara sehingga uang bersihnya Anda akan mendapatkan sekitar Rp. 1.500.000. Tak hanya itu saja, jika Anda mendapatkan hadiah dengan jumlah di atas 2 juta maka perkiraan pajaknya juga sama yaitu dipotong 25% untuk negara. Namun, apabila Anda pihak-pihak oknum yang memberitahukan kepada Anda sebagai pemenang dan meminta uang dengan perhitungan pajak ataupun dasar hukum yang tidak jelas, maka sebaiknya Anda harus berhati-hati karena bisa saja itu modus penipuan.

Cara Perhitungan Pajak Apabila Mendapatkan Hadiah Barang Atau Kendaraan

Cara Perhitungan Pajak Apabila Mendapatkan Hadiah Barang Atau Kendaraan

Selain Anda melihat informasi mengenai cara perhitungan pajak hadiah yang berupa uang tunai maka di sini Anda juga bisa melihat informasi lainnya yaitu mengenai cara perhitungan pajak apabila Anda nantinya mendapatkan sebuah hadiah berupa kendaraan atau barang lainnya. Nah, dalam perhitungan pajak berupa barang atau kendaraan sebenarnya hampir sama dengan perhitungan pajak hadiah uang tunai. Sebagai contoh misalnya Anda nantinya mendapatkan hadiah yaitu berupa satu unit sepeda motor dengan senilai 28 juta rupiah dan pihak penyelenggara menyebutkan bahwa pajak akan ditanggung oleh pemenang maka Anda nantinya juga harus membayarnya.

Oleh karena itu, untuk perhitungan yang tepat yaitu total hadiah 28.000.000 x 25% pajak dan hasilnya yaitu Rp 7.000.000. Untuk itu, sebagai warga Indonesia yang baik maka Anda harus membayar pajak hadiah sebesar Rp. 7 juta dan Anda akan mendapatkan uang bersih senilai Rp. 21 juta. Lalu bagaimana dengan hadiah berupa mobil dengan harga 1 milyaran, tentu tetap Anda harus membayar pajak dengan potongan pajak sebesar 25% kepada negara.

Bagaimana, apakah Anda sudah paham mengenai cara menghitung pajak hadiah? Tentu saja bukan. Nah, untuk informasi seperti di atas semoga sangat bermanfaat untuk Anda semua mengenai cara perhitungan pajak undian berhadiah sehingga Anda semua bisa mengetahuinya dengan pasti.

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.