Top
IC Consultant / Tax Rule  / BATASAN KEGIATAN DAN JENIS JASA KENA PAJAK YANG ATAS EKSPORNYA DIKENAI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI

BATASAN KEGIATAN DAN JENIS JASA KENA PAJAK YANG ATAS EKSPORNYA DIKENAI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI

Jasa Kena Pajak adalah jasa yang dikenai pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai. Kemudian yang dimaksud dengan Ekspor Jasa Kena Pajak adalah setiap kegiatan penyerahan Jasa Kena Pajak yang dihasilkan di dalam Daerah Pabean untuk dimanfaatkan oleh Penerima Ekspor Jasa Kena Pajak di luar Daerah Pabean.  Payung hukum dari batasan kegiatan dan jenis jasa kena pajak yang atas ekspornya dikenai pajak pertambahan nilai adalah Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 32/PMK.010/2019. Pajak Pertambahan Nilai yang dikenakan atas Ekspor Jasa Kena Pajak oleh Pengusaha Kena Pajak dihitung dengan cara mengalikan tarif Pajak Pertambahan Nilai dengan dasar Pengenaan Pajak.  Tarif Pajak Pertambahan Nilai adalah sebesar 0% (nol persen).

Kegiatan Ekspor Jasa Kena Pajak merupakan kegiatan pelayanan di dalam Daerah Pabean yang menyebabkan suatu barang, fasilitas, kemudahan, atau hak tersedia untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean. Kegiatan pelayanan yang dimaksud adalah :

  1. Kegiatan yang melekat pada barang bergerak yang dikeluarkan untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean.
  2. Kegiatan yang melekat pada barang tidak bergerak yang dikeluarkan untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean.
  3. Kegiatan selain dua hal tersebut di atas yang hasilnya dimanfaatkan di luar Daerah Pabean yaitu :
    • Penyampaian langsung atau tidak langsung antara lain melalui pos dan saluran elektronik.
    • Berupa penyediaan hak untuk dipakai (akses) di luar Daerah Pabean.

Adapun jenis Jasa Kena Pajak berupa kegiatan pelayanan yang melekat pada barang bergerak yang dikeluarkan untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean adalah:

  1. Jasa maklon
  2. Jasa perbaikan dan perawatan
  3. Jasa pengurusan transportasi (freight forwading) terkait barang untuk tujuan ekspor.

Adapun jenis Jasa Kena Pajak berupa kegiatan pelayanan yang melekat pada barang tidak bergerak yang berada di luar Daerah Pabean yaitu jasa konsultasi konstruksi yang meliputi pengkajian, perencanaan, dan perancangan konstruksi terkait dengan bangunan atau rencana bangunan yang berada di luar Daerah Pabean.

Adapun jenis Jasa Kena Pajak lainnya yang berupa kegiatan pelayanan yang hasilnya diserahkan untuk dimanfaakan di luar Daerah Pabean yaitu:

  1. Jasa teknologi dan informasi
  2. Jasa penelitian dan pengembangan (research and development)
  3. Jasa peresewaan alat angkut berupa persewaan pesawat udara dan/atau kapal laut untuk kegiatan penerbangan atau pelayaran internasional.
  4. Jasa konsultasi bisnis dan manajemen, jasa konsultasi hukum, jasa konsultasi desain arsitektur dan interior, jasa konsultasi sumber daya manusia, jasa konsultasi keinsinyuran (engineering services), jasa akuntansi atau pembukuan, jasa audit laporan keuangan, dan jasa perpajakan.
  5. Jasa perdagangan berupa jasa mencarikan penjual barang di dalam Daerah Pabean untuk tujuan ekspor.
  6. Jasa interkoneksi, penyelenggaraan satelit dan/atau komunikasi/konektivitas data.

Ekspor Jasa Kena Pajak dikenai Pajak Pertambahan Nilai sepanjang memenuhi ketentuan sebagai berikut.

  1. Didasarkan atas perikatan atau perjanjian tertulis antara Pengusaha Kena Pajak dengan Penerima Ekspor Jasa Kena Pajak yang mencantumkan dengan jelas:
    • Jenis
    • Rincian kegiatan yang dihasilkan di dalam Daerah Pabean untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean oleh Penerima Ekspor Jasa Kena Pajak
    • Nilai penyerahan
  2. Terdapat pembayaran disertai dengan bukti pembayaran yang sah dari Penerima Ekspor Jasa Kena Pajak kepada Pengusaha Kena Pajak sehubungan dengan Ekspor Jasa Kena Pajak.

Selanjutnya, Pengusaha Kena Pajak yang melakukan Ekspor Jasa Kena Pajak wajib membuat Faktur Pajak pada saat Ekspor Jasa Kena Pajak. Faktur pajak yaitu berupa Pemberitahuan Ekspor Jasa Kena Pajak yang dilampiri dengan faktur penjualan (invoice) yang merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Pemberitahuan Ekspor Jasa Kena Pajak.

 

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.