Top
IC Consultant / Artikel  / Apa Itu Brevet Pajak A/B dan C? Ini Dia Ulasannya!
Apa Itu Brevet Pajak A B dan C

Apa Itu Brevet Pajak A/B dan C? Ini Dia Ulasannya!

Apa itu brevet pajak A/B dan C? brevet pajak pada dasarnya adalah kegiatan pelatihan atau kursus pajak tanpa atau memakai aplikasi software pajak. Pelatihan tentang perpajakan ini penting sekali bagi orang-orang yang ingin mengenal ilmu perpajakan secara detail. Pada brevet pajak sendiri ada Brevet A, B, dan C. Hal ini dikarenakan brevet pajak mempunyai tingkatan sesuai jenis materi yang diajarkan.

Tingkatan Kursus Brevet Pajak A/B dan C

Tingkatan Kursus Brevet Pajak

Untuk lebih jelasnya, tingkatan kursus perpajakan dibedakan menjadi :

Brevet A

Brevet A adalah tingkatan pelatihan atau kursus pajak lewat pembahasan dasar hingga berdasarkan ketentuan perpajakan (untuk pajak penghasilan) yang berasal dari Orang Pribadi. Materinya mencakup ketentuan umum, mengenai tata cara perpajakan, PB, Bea Materai, Pajak Penghasilan Orang Pribadi, dan BPHTB.

Brevet B

Brevet B adalah tingkatan pelatihan atau kursus pajak yang membahas dasar perpajakan hingga menengah lewat pembahasan ketentuan pada perpajakan milik Badan maupun Usaha. Materinya biasanya berupa Pemungutan dan Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 15, Pasal 21, Pasal 4 ayat (2), pasal 25, Pasal 26, Pajak Penghasilan Badan, Pajak Pertambahan Nilai, dan lain sebagainya.

Brevet C

Brevet C adalah tingkatan pelatihan atau kursus pajak lewat pembahasan menengah hingga lanjutan lewat pembahasan Perpajakan Internasional. Adapun materi perpajakan brevet C ini meliputi PPh badan, PPH Pribadi, Akuntansi Pajak, Tax Planning, Pajak Internasional Bank, dan Pajak Internasional.

Lalu, Bagaimana Dengan Brevet A/B dan Brevet C?

Kursus Brevet Pajak

Agar lebih efisien dan berkelanjutan dari pembahasan atau materi, sasaran dan waktu, maka pada brevet pajak A dan Brevet pajak B digabungkan sehingga menjadi satu level saja yakni brevet AB. Dengan kata lain, para peserta hanya bisa memilih sebanyak 2 program saja, yakni brevet AB lalu brevet C.

Dua program tersebut pada dasarnya bebas dipilih, Anda bisa memilih program brevet C lebih dulu baru kemudian dilanjutkan ke program AB, atau bisa juga sebaliknya. Hal tersebut bisa dilekukan dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Adapun perbedaan antara brevet C dan brevet AB ialah brevet AB biasanya memakai Bahasa Indonesia, sedangkan brevet C biasanya memakai Bahasa Inggris.

Sementara persyaratan untuk mengambil brevet C sendiri ialah para calon peserta kursus sebelumnya telah memperoleh ilmu perpajakan yang cukup lewat pendidikannya saat di bangku sekolah atau di perguruan tinggi. Tapi, jika calon peserta belum mendapatkannya, maka program yang harus diambil lebih dulu adalah brevet AB.

Manfaat Mengikuti Program Brevet Pajak

Manfaat Mengikuti Program Brevet Pajak

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika mengikuti program brevet pajak, diantaranya :

  • Bagi fresh graduate yang umumnya mengambil program brevet pajak bisa dimanfaatkan untuk menambahkan aplikasi dan portofolio saat mereka hendak melamar pekerjaan. Dengan mendapatkan sertifikat program brevet pajak, bisa menjadi daya tarik tersendiri pihak perusahaan yang akan dilamar.
  • Bagi para karyawan entry level, mereka biasanya mengikuti program brevet pajak sebagai tambahan wawasan yang penting bagi mereka untuk menunjang kebutuhan saat ingin naik jabatan atau bisa juga untuk bisa bersaing di perusahaan tempat mereka bekerja.
  • Bagi karyawan yang telah memiliki posisi di perusahaannya, seperti manager, mengikuti program brevet pajak penting agar bisa mengontrol sekaligus memeriksa pekerjaan karyawannya.
  • Program brevet pajak dapat melatih kita agar selalu siap menghadapi USKP.
  • Memberikan wawasan dan pengetahuan teknis tentang perhitungan dan pelaporan pajak.
  • Membantu para peserta untuk memahami sistem perpajakan di Indonesia sekaligus membantu menyusun rencana pajak untuk dirinya sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu brevet A/B dan C dan perbedaan brevet A,B dan C bagi Anda yang berniat mengambil program ilmu perpajakan. Semoga bermanfaat!

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.